Friday 27 March 2009

Media Relations

MEDIA BARU dan PRAKTIK MEDIA RELATIONS
Media baru merupakan suatu bentuk media komunikasi yang menggunakan suatu teknologi yang bisa menyediakan informasi yang sangat luas dan mudah diperoleh dan didapat. Contohnya seperti internet.
Sifat dari informasi yang dibuat melalui media baru ini sangat sulit dikontrol karena tidak terbatas dan siapun dapat membuat informasi melalui media baru ini sehingga saking banyaknya masyarakat yang menggunakan media baru dengan begitu tidak dapat mengetahui dengan pasti siapa yang membuatnya.
Oleh sebab itu media baru banyak yang menyalahgunakannya untuk merugikan seorang individu atau sebuah organisasi / perusahaan. Maka dari masalah itulah dibutuhkan peran dari sebuah PR yang mana PR tersebut akan bertanggung jawab untuk mengklarifikasi sebuah informasi yang isinya bersifat menjelek - jelekkan citra dari sebuah perusahaan tertentu.

MENJALIN HUBUNGAN DENGAN MEDIA
Dalam sebuah media dikenal suatu istilah yang sering disebut dengan mediascape yang merupakan kepanjangan dari media lanscape yang berarti gambaran – gambaran isi dari sebuah media yang menonjol atau kurang menonjol dan juga biasanya menunjukkan kepribadian dari media tersebut dengan karakteristik masing – masing.
Mediascape itu biasanya lebih mengarah pada kespesifikan suatu content dari media tersebut. Seperti media cetak, ada beberapa media cetak yang hanya mengkhususkan contentnya untuk olah raga saja, atau otomotif atau fashion
Dalam memudahkan suatu organisasi untuk menjalin hubungan dengan media, biasanya seorang PR dari sebuah organisasi tersebut menyediakan press kit atau media kit kepada media agar lebih mudah dalam mendapatkan informasi mengenai organisasi tersebut.
Praktisi PR juga harus mengetahui cara kerja media yang tidak mudah karena media harus melakukan keseluruhan proses dengan teliti karena informasi yang media buat berpengaruh pada persepsi orang pada media tersebut. Praktisi PR juga harus membuat dan menyusun daftar media agar lebih terorganisir dan mudah dalam menemukan keterangan – keterangan tentang media tersebut.
Cara kerja media massa tidak sembarangan saja, tetapi tindakan yang mereka tunjukkan berdasarkan peraturan – peraturan yang sudah ditentukan atau mereka sudah terikat dengan kode etik media. Dengan begitu media massa tidak akan bertindak semaunya dan kegiatan media dapat berjalan dengan lancar tanpa ada masalah.

No comments:

Post a Comment