Saturday 4 April 2009

makalah part 1

BAB 1

PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang


Televisi merupakan suatu barang yang sudah tidak bisa dipisahkan dari masyarakat. Televisi sudah menjadi suatu kebutuhan primer msyarakat yang harus dipenuhi. Meningkatnya teknologi zaman sekarang, semakin mengharuskan masyarakat untuk mengetahui semua informasi dengan cepat dan salah satu media yang dapat memberikan informasi secara audio dan visual dan dengan cepat dapat menjangkau banyak semua masyarakat adalah televisi.

Fungsi televisi tidak jauh dengan fungsi media yaitu untuk menyiarkan informasi, untuk mendidik, untuk menghibur, dan untuk mempengaruhi. Dilihat dari fungsinya, maka untuk memenuhi semua fungsi tersebut, televisi sekarang sudah banyak menayangkan beragam acara . Hampir semua stasiun televisi saling berlomba – lomba untuk menayangkan acara – acara yang sebenarnya memiliki konsep yang sama hanya saja berbeda judul.

Bisa dilihat bagaimana stasiun televisi di Indonesia bersaing dalam menyajikan program – program acara untuk mendapatkan minat masyarakat. Lebih sangat terlihat persaingan – persaingan yang dilakukan oleh stasiun televisi dalam menayangkan acara Reality Show. Hampir di setiap stasiun televisi mempunyai program acara Reality Show.

Acara rekayasa realita atau dikenal juga sebagai Reality show adalah salah satu jenis program acara TV dimana pendokumentasian rekayasa realitas berlangsung tanpa skenario dengan menggunakan pemain dari khalayak umum biasa (tidak menggunakan artis). Perkecualiannya adalah bila acara tersebut mengenai kehidupan artis, maka yang didokumentasikan adalah kehidupan nyata bagaimana artis tersebut menjalani hari-harinya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Reality_show pada tanggal 06 Desember 2008)

Acara Reality Show ini terbagi dalam lima kategori yaitu dalam bidang musik, asmara, sosial, kontes, dan lain – lain (http://id.wikipedia.org/wiki/Reality_show pada tanggal 06 Desember 2008).

Mengapa acara Reality Show banyak ditayangkan oleh stasiun televisi? Karena masyarakat memiliki minat untuk menonton dalam acara tersebut dan acara Reality Show ini memiliki beragam jenis dan cerita sehingga sangat menarik minat masyarakat untuk menyaksikannya.

Acara Reality Show yang paling banyak menjadi sorotan masyarakat adalah Lemon Tea yang ditayangkan oleh SCTV. Lemon Tea merupakan acara reality show yang isinya kebanyakan tentang kisah – kisah percintaan para remaja SMP ataupun SMA yang kadang terdapat konflik dan tangisan.

Lemon Tea mempunyai banyak beragam acara seperti Cinta Monyet, Backstreet, Mak Comblang, Cinta Lokasi, dan Pacar Pertama. Kebanyakan peserta yang mengikuti acara ini berkisar antara 15 – 25 tahun. Banyak sekali kejadian – kejadian yang ditampilkan dari acara Lemon Tea ini seperti perkelahian, tangisan, makian, dan lain – lain.

Masyarakat pasti bertanya – tanya apakah kejadian tersebut memang suatu kejadian yang nyata atau hanya suatu skenario belaka saja. Memang sekarang sudah banyak diperbincangkan oleh khalayak umum. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa Lemon Tea merupakan suatau acara yang ceritanya hanya berdasarkan skenario (http://forum.detik.com/showthread.php?t=51821 pada tanggal 06 Desember 2008).

Memang jika dilihat dan diteliti, banyak sekali cerita – cerita yang ditampilkan dari acara Lemon Tea ini merupakan hanya cerita skenario. Bisa dilihat dari acara Cinta Lokasi yang termasuk dalam bagian dari Lemon Tea. Cinta Lokasi ini sering sekali menampilkan adegan – adegan konflik yang kadang disertai dengan caci maki antar peserta.
Setiap episodenya pasti selalu saja menampilkan cerita yang sama hanya berbeda peserta saja. Begitu juga dengan acara Lemon Tea lainnya seperti Mak Comblang, Backstreet, Cinta Monyet, dan Cinta Pertama.

Banyak cara yang dilakukan stasiun televisi untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat, karena dari perhatian itulah stasiun televisi itu bisa menjadi stasiun televisi yang terfavorit yang dilihat berdasarkan rating dari banyaknya masyarakat yang melihat berbagai macam acara di stasiun televisi tersebut.

Begitu juga yang dilakukan oleh SCTV. Untuk menjadi stasiun televisi nomor satu, SCTV berusaha untuk menyajikan berbagai acara yang sangat menarik salah satunya adalah acara reality show yaitu Lemon Tea, tetapi acara tersebut tidak sereality sebagaimana jenis programnya.

Dari masalah tersebut, Peneliti ingin menganalisi berbagai pendapat dari masyarakat tentang acara Lemon Tea karena dari pendapat – pendapat itulah biasanya stasiun televisi mengetahui apakah acara yang ditayangkan banyak mendapatkan respon yang positif atau negatif dari masyarakat.

Melihat dari masalah tersebut maka membuat penulis ingin meneliti tentang tanggapan remaja terhadap kebenaran fakta reality show di televisi swasta. (studi kasus acara reality show Lemon Tea di SCTV dan obyeknya adalah SMU Marsudirini).

1.2 Rumusan Masalah

Dari uraian latar belakang di atas, permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah :
Tanggapan remaja SMA Marsudirini terhadap kebenaran fakta reality show Lemon Tea yang ditayangkan di SCTV.

1.3 Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui serta menganalisis pendapat remaja SMA Marsudirini terhadap kebenaran fakta reality show Lemon Tea yang ditayangkan di SCTV.

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian terbagi menjadi dua, yaitu manfaat akademis dan manfaat praktis.



1.4.1 Manfaat Akademis

1. Untuk memperluas wawasan penulis tentang media terutama dalam media televisi.
2. Untuk memberitahukan pengetahuan tentang dunia pertelevisian.
3. Untuk memberikan bahan referensi bagi siswa yang ingin melakukan penelitian yang sama pada kasus yang serupa.

1.4.2 Manfaat Praktis

1. Agar pihak SCTV membuat acara reality show yang memang sebenarnya berdasarkan kenyataan bukan dari skenario.
2. Agar masyarakat lebih selektif dalam memilih acara untuk ditonton.

1.5 Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan untuk memberikan gambaran secara garis besar mengenai apa yang akan dibahas penulis, yaitu:
Bab I : Pendahuluan

Bab ini memberikan uraian – uraian dari masalah yang diteliti dan dimuat dalam latar belakang, kemudian masalah tersebut dirumuskan dalam perumusan masalah dan di bab ini juga menjelaskan alasan si penulis untuk meneliti masalah tersebut yang kemudian dimuat dalam tujuan penelitian dan manfaat penelitian.

Bab II : Kerangka Teoritis

Bab ini penulis akan menguraikan tentang landasan – landasan teori yang berkaitan dengan masalah yang diteliti oleh si penulis.

Bab III : Metodologi

Bab ini penulis akan menguraikan secara rinci metode yang digunakan penulis dalam proses penelitian. Biasanya terdiri dari metode penelitian, pendekatan yang digunakan, teknik pengumpulan data, dan teknik analisi data.

Bab IV : Analisis dan Pembahasan

Bab ini akan menguraikan berbagai penjelasan dari hasil yang telah disajikan oleh penulis dan kemudian dianalisis lebih mendalam dan biasanya mencakup hal – hal tentang obyek penelitian, serta data – data yang telah dikumpulkan.

Bab V : Kesimpulan dan Saran

Bab ini merupakan hal yang paling penting karena di dalam bab ini penulis akan menyajikan aspek – aspek inti dari penelitian yang dilakukan secara keseluruhan.

No comments:

Post a Comment