Saturday 4 April 2009

Development communication of technology

RADIO TECHNOLOGY

Pengertian Radio

Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).

Asal Mula Radio
Pada dasarnya radio ditemukan oleh beberapa ilmuan, pertama kali Pada tahun 1873, James Clerk Maxwell, seorang ahli astronomi¬fisika Scotlandia mempunyai penemuan ilmiah tentang adanya gelombang elektromagnetik yang merambat pada kecepatan cahaya. Limabelas tahun setelah Maxwell, seorang ahli fisika Jerman bernama Heinrich Hertz telah mencoba untuk membuat gelombang radio dan berhasil memancarkannya sampai jarak 200 meter. Dengan peralatan laboratorium yang sederhana, Hertz telah berhasil memformulasikan rumus perhitungan panjang gelombang.

Pada awal tahun 1901an seorang Itali bernama Guglielmo Maconi mempelajari ilmu¬ ilmu dasar temuan para ilmuwan di atas dan berusaha mengembangkan dan menerapkannya sehingga dapat berguna secara langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia,ia mengirim sinyal kode menyebrangi samudra atlantik dari Inggris ke Newfoundland.

Dengan menciptakan ¬inovasi atas dasar peralatan yang diciptakan oleh Hertz, Marconi telah berhasil meningkatkan jarak pancaran gelombang elektromagnet dan mengisinya dengan informasi. Sehingga peralatan transmitter dan receiver ciptaan Marconi tersebut mampu mentransfer informasi dari satu tempat ke tempat lain tanpa kawat, inilah awal dari komunikasi radio.

Pada tahun 1906 Reginald Fessenden menemukan gelombang yang berkesinambungan sehingga membuat sinyal radio semakin kuat, namun pada zaman ini radio masih digunakan sebagai alat yang bersifat point to point atau dari satu orang kepada satu orang lainnya (seperti telephone). Pada zaman ini pun radio masih menggunakan Crystal Set, alat ini mempunyai kelemahan yakni tidak dapat melipatgandakan sinyal yang lemah, lalu berselang waktu yang tidak cukup lama Le De Forest menemukan sebuah alat yang dapat melipat gandakan sinyal yang diberi nama Fleming Valve, alat ini merupakan penyempurnaan dari Crystal Set.

Pada tahun 1920 Frank Conrad, .... mencoba untuk menyiarkan informasi kepada masyarakat melalui radio, usaha ini berhasil lalu ia dibuatkan studio oleh Westinghouse Electronik Company, produsen radio. Sejak saat inilah radio mulai digunakan sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada orang banyak maupun sebagai sarana bagi periklanan.


Cara Kerja Teknologi Pada Radio
Edwin H Amstrong dari Universitas Kolombia memperkenalkan sistam frequency modulation untuk menyempurnakan sistem sebelumnya. (Amplitudo modulation) pada tahun 1933.

AM (amplitude Modulation), informasi suara dibawa dalam berbagai amplitudo dan ketinggian yang beragam. dalam sistem ini, sinyal elektrik yang datang dari sebuah alat perekam elektronik (mikrofon) dikombinasikan dengan pembawa sinyal elektromagnet berfrekuensi tinggi dan menghubungkannya kepada saluran radio tertentu.
FM (frequency modulation), informasi suara dibawa melalui beberapa frekuensi yang berbeda dari sebuah gelombang radio menuju ke pusat frekuensi. FM mempunyai rentang frekuensi yang lebih besar dan lebih dinamis dibandingkan AM.

Kelebihan sistem FM (Frequency Modulation) dibandingkan dengan AM adalah :
1. Dapat menghilangkan inreferensi atau gangguan oleh gelombang radio lain.
2. Menghilangkan gangguan berisik oleh pengaruh cuaca seperti petir dan hujan.
3. Menghasilkan suara yang lebih jernih.

Kekurangan sistem FM (Frequency Modulation) dibandingkan dengan AM adalah :
1. Jangkauan yang kurang luas. Maka untuk memperluas jangkauannya transmitter FM harus diletakkan ditempat yang sangat tinggi dan dihubungkan oleh station penghubung.

No comments:

Post a Comment