Saturday 4 April 2009

Makalah part 2

BAB II
KERANGKA TEORITIS

2.1 Komunikasi
2.1.1 Definisi Komunikasi
Komunikasi mengandung makna bersama – sama (common) Istilah komunikasi atau Communication berasal dari bahasa Latin yaitu communication yang berarti pemberitahuan atau pertukaran. Kata sifatnya Communis, yang bermakna umum atau bersama – sama. (Wiryanto, 2006:5)

Sebagai makhluk sosial, manusia senantiasa ingin berhubungan dengan manusia lainnya. Manusia ingin mengetahui apa yang terjadi di dalam dirinya. Rasa ingin tahu itu memaksa manusia untuk berkomunikasi. Berikut adalah definisi komunikasi menurut beberapa ahli :

2.1.2 Proses Komunikasi

Proses komunikasi adalah setiap langkah dari mulai saat menciptakan informasi sampai saat dipahaminya informasi oleh komunikan.

Joseph A. Devita mengemukakan proses komunikasi merupakan suatu proses di mana komponen – komponenennya salaing terkait dan bahwa para komunikatornya beraksi dan bereaksi sebagai suatu kesatuan dan keseluruhan.

Dalam setiap proses, setiap elemen komunikasi saling berhubungan tidak pernah independen, masing – masing komponen saling terkait dengan komponen lain. Sebagai contoh tidaklah mungkin antara sumber, pesan dan penerima berdiri sendiri. Tidak mungkin ada sumber tanpa penerima tidak ada pesan tanpa sumber dan bahkan tidak akan terjadi umpan balik tanpa ada penerima. (Suprapto,2006:5)



2.2 Pengertian Komunikasi Massa

Komunikasi adalah pernyataan manusia dan pernyataan manusia tersebut dapat berupa tulisan atau lisan, Selain itu dapat juga dilakukan dengan syarat atau simbol. (Widjaja,2000:15)

Massa dalam komunikasi massa meliputi semua orang yang menjadi saluran alat-alat komunikasi massa atau orang-orang pada ujung lain dari saluran. (Wiryanto,2006:09)

Komunikasi massa menurut Jay Black dan Frederick C.Whitney adalah sebuah proses di mana pesan-pesan yang diproduksi secara massa / tidak sedikit itu disebarkan kepada penerima pesan yang luas, anonim dan heterogen. (Nurudin, 2007: 12)

Dengan kata lain, komunikasi massa dapat diartikan setiap komunikasi yang menyatakan secara terbuka melalui penyebaran media teknis secara tidak langsung dan satu arah pada publik yang tersebar. Berkaitan denga penelitian ini, tayangan Lemon Tea merupakan bentuk komunikasi massa.

Tujuan dari komunikasi massa itu sendiri adalah mengirim pesan kepada khalayak yang sifatnya massal melalui alat-alat yang bersifat mekanis, seperti radio, televisi, surat kabar, dan film untuk mendapatkan efek. (Effendy, 2004: 25)




2.2.1 Unsur-unsur Komunikasi Massa
Komunikasi massa terdiri dari unsur-unsur berikut ini:

a. Unsur sumber atau komunikator
Unsur ini merupakan unsur yang paling penting agar proses komunikasi dapat berjalan. Karena dari unsur inilah komunikasi berawal. Sumber merupakan unsur pertama yang menyampaiakn pesan. Contoh dari sumber bisa perorangan atau sebuah organisasi. Sumber atau komunikator dalam penelitian ini adalah pihak stasiun TV yaitu SCTV.

b. Unsur pesan
Pesan adalah apa yang disampaikan oleh sumber. Pesan-pesan komunikasi massa dapat diproduksi dalam jumlah yang sangat besar dan dapat menjangkau audiens yang sangat banyak jumlahnya. Pesan yang disampaikan dari acara Lemon Tea ini adalah bahwa dalam membangun hubungan harus diperlukan kejujuran dan kesetiaan dari setiap pasangan.

c. Unsur saluran atau media
Unsur ni menyangkut semua peralatan mekanik yang digunakan untuk menyebarluaskan pesan-pesan komunikasi massa. Tanpa saluran-saluran ini pesan-pesan ini tidak dapat menyebar secara cepat dan luas Media yang mempunyai kemampuan tersebut adalah surat kabar, radio, televisi, majalah, film dan internet. Dalam penelitian ini, media massa yang digunakan adalah televisi
d. Unsur penerima atau komunikan
Unsur ini menyangkut sasaran-sasaran komunikasi massa, seperti perorangan-perorangan yang membaca surat kabar, yang membuka halaman-halaman majalah, yang sedang menikmati film bioskop atau film televisi, dan yang sedang menggunakan internet. Pihak yang menerima pesan dalam penelitian ini adalah para penonton tayangan Lemon Tea terutama para remaja SMA Marsudirini. (Wiryanto, 2006: 3-10)

e. Efek
Adalah pengaruh yang ditimbulkan oleh komunikan. Dalam penelitian ini pengaruh yang diberikan adalah bahwa audiens jadi ingin mnyelesaikan masalah percintaan mereka dengan mengikuti acara tersebut. (Rudi, 2006: 4)

f. Umpan balik
Ada dua umpan balik (feedback) dalam komunikasi yaitu umpan balik langsung dan umpan balik tidak langsung. Di dalam komunikasi massa, umpan balik biasanya terjadi secara langsung. Artinya, antara komunikator dengan komunikan dalam komunikasi massa tidak terjadi kontak langsung yang memungkinkan mereka mengadakan reaksi langsung satu sama lain.
Dalam Penelitian ini umpan balik biasanya diberikan komunikan melalui surat pembaca di media cetak bisa berupa pujian, saran maupun kritikan.
(Nurudin, 2007: 109)

2.2.2 Fungsi Komunikasi Massa

a. Informasi
Kegiatan untuk mengumpulkan, menyimpan data, fakta dan pesan, opini dan komentar, sehingga orang bisa mengetahui keadaan yang diluar darinya, apakah itu dalam daerah, nasional atau internasional.

b. Sosialisai
Yakni menyediakan dan mengajarkan ilmu pengetahuan bagaimana orang bersikap sesuai nilai-nilai yang ada, serta bertindak sebagai anggota masyarakat secara aktf.

c. Motivasi
Yakni mendorong orang untuk mengikuti kemajuan orang lain melalui apa yang mereka baca, lihat dan dengar melalui media massa.

d. Bahan Diskusi
Menyediakan bahan informasi sebaga bahan diskusi untuk mencapai persetujuan dalam hal perbedaan pendapat mengenai hal-hal yang menyangkut banyak orang.

e. Pendidikan
Yakni membuka kesempatan untuk memperoleh pendidikan secara luas, baik untuk pendidikan formal untuk di sekolah maupun di luar sekolah. Juga meningkatkan kualitas penyajian materi yang baik, menarik, dan mengesankan.


f. Memajukan kebudayaan

Media massa menyebarkan hasil-hasil kebudayaan melalui pertukaran program siaran radio dan televisi, ataukah bahan tercetak seperti buku dan penerbtan-penerbitan lainnya. Pertukaran ini akan memungkinkan peningkatan daya kratifitas guna memajukan kebudayaan nasional masing-masing negara, serta mempertinggi kerja sama hubungan antar negara

g. Hiburan
Media massa telah menyita banyak waktu luang untuk semua golongan usia dengan difungsikannya sebaga alat hiburan dalam rumah tangga. Sifat estetika yang dituangkan dalam bentuk gambar, bunyi, lagu, lirik dan bahasa membawa orang pada situasi menikmati hiburan sebagai halnya kebutuhan pokok lainnya.

h. Integrasi
Banyak bangsa di dunia dewasa ini diguncang oleh kepentingan-kepentingan tertentu karena perbedaan etnis dan ras. Komunikasi seperti satelit dapat dimanfaatkan untuk menjembatani perbedaan-perbedaan itu dalam memupuk dan memperkokoh persatuan bangsa. (Cangara, 2002: 57)

Dari fungsi-fungsi komunikasi yang telah disebutkan di atas. Fungsi yang dipakai dalam penelitian ini ada empat yatu informasi, sosialisasi, pendidikan dan hiburan.

Dalam kaitannya dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, fungsi komunikasi massa yatu televisi adalah membrikan informasi mengenai tempat-tempat wisata yang digunakan saat acara tersebut berlangsung. Fungsi sosialisasi sebagai fungsi komunikasi massa yaitu bagaimana cara peserta dalam acara tersebut bersosialisai dari awal hingga akhir.

Fungsi pendidikan sebagai fungsi komunikasi massa dalam penelitian ini adalah bagaimana caranya bersikap jujur dan sabar. Dan fungsi hiburan sebagai fungsi komunikasi massa dalam penelitian ini adalah penonton biasanya terhibur dengan adanya peristiwa-peristiwa yang terjadi dengan konflik.

2.3 Media dan Media Massa
2.3.1 Pengertian Media dan Media Massa

Media adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikasi kepada khalayak. (Cangara, 2002: 119)

Media massa adalah alat yang digunakan dalam penyampaian pesan dari sumber kepada khalayk (penerima) dengan menggunakan alat-alat komunikasi seperti surat kabar, film, radio, dan televisi. (Cangara, 2002: 122)


2.3.2 Jenis-jenis Media Massa

a. Surat Kabar
Surat kabar adalah suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas berbiaya rendah yang disebut kertas koran. Surat kabar berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik.

b. Majalah
Majalah adalah penerbitan berkala yang berisi bermacam-macam artikel dalam subyek yang bervariasi. Majalah biasanya diterbitkan mingguan, dwimingguan, bulanan. Majalah biasanya memiliki artikel mengenai topik populer yang ditujukan kepada masyarakat umum dan ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh banyak orang

c. Radio
Radio adalah teknologi yang memperbolehkan pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini merambat lewat udara dan juga angkasa.


d. Televisi
Televisi adalah penangkapan siaran bergambar. Televisi berarti melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disamakan dengan penemuan roda, karena mampu mengubah peradaban dunia.

e. Film
Film adalah gambar hidup dan juga sering disebut movie. Film secara kolektif sering disebut sinema. Gambar hidup adalah bentuk seni, bentuk popular dari hiburan.

f. Internet
Sistem komputer umum yang terhubung secara global dan menggunakan TCP sebagai protokol pertukaran paket.
(Cangara, 2002: 123-130)

2.4 Definisi Konsep

2.4.1 Tanggapan

Tanggapan adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. (Rakhmat, 2004: 31). Kemudian menurut Effendy (2004: 31) adalah penerapan atau pengamatan yang dilakukan oleh seseorang secara indrawi terhadap sesuatu yang ada di luar dirinya.

2.4.2 Remaja

Remaja adalah mulai dewasa yang mana suatu proses peralihan dari anak-anak. (KBUBI,1982: 813)



2.4.3 Kebenaran

Kebenaran adalah keadaan yang benar ( cocok dengan hal atau keadaan yang sesungguhnya). Kebenaran adalah sesuatu yang benar (sunguh-sunguh ada, betul-betul demikian halnya). (KBUBI, 1982: 117)

2.4.4 Fakta

Fakta adalah peristiwa, sesuatu hal yang terjadi sungguh-sungguh. (KBUBI, 1982: 279)

2.4.5 Reality Show

Reality show adalah satu jenis program acara TV dimana pendokumentasian rekayasa realitas berlangsung tanpa skenario dengan menggunakan pemain dari khalayak umum biasa (tidak menggunakan artis). Perkecualiannya adalah bila acara tersebut mengenai kehidupan artis, maka yang didokumentasikan adalah kehidupan nyata bagaimana artis tersebut menjalani hari-harinya. Acara ini biasanya ditayangkan secara berseri. (http://id.wikipedia.org/wiki/Acara_rekayasa_realita pada tanggal 17 Desember 2009)


2.4.6 Televisi

Televisi adalah penyiaran pertunjukan dengan radio dan dengan alat penerima dan pertunjukkan tadi diwujudkan sebagai gambar hidup. (KBUBI, 1982: 1038)

2.4.7 Swasta

Swasta dalam ekonomi suatu negara terdiri dari segala bidang yang tidak dikuasai oleh pemerintah. Baik organisasi nirlaba maupun laba dapat termasuk swasta, antara lain perusahaan, korporasi, bank, dan organisasi non-pemerintah lainnya, termasuk juga karyawan yang tidak bekerja untuk pemerintah. Dalam sektor ini, faktor-faktor produksi dimiliki oleh individual atau pribadi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Swasta pada tanggal 10 Maret 2008)


2.4.8 Reality Show Lemon Tea

Merupakan suatu acara tentang kisah-kisah percintaan yang hadir setiap hari Senin s/d Jumat setiap pukul 15.30 – 16.00. Lemon tea terbagi dalam lima kategor yaitu Cinta Monyet, Cinta Lokasi, Backstreet, Cinta Lama Bersemi Kembali, Pacar Pertama.(www.sctv.co.id)

No comments:

Post a Comment