Saturday 4 April 2009

Makalah part 3

BAB III


Metode Penelitian



Dalam bab ini akan diuraikan metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti, meliputi studi kasus, subjek penelitian, tenik pengumpulan data dan analisis data.

3.1 Metode Penelitian


Metode yang digunakan dalam peneitian adalah metode penelitian kualitatif. Menurut Bogdan dan Taylor ( dalam Moleong, 2004:3) metode penelitian kualitatif aalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata – kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan lapangan tanpa tanpa adanya batas terhadap kategori analisis tertentu sehingga memungkinkan terdapat kedalaman, keterbukaan dan juga kelengkapan dari data yang ingin diperoleh sehingga melalui pendekatan kualitatif dapat diperoleh informasi yang detail dari sejumlah kecil kasus atau subjek. (Poerwandari, 1996:36)

Dalam penelitian ini eneliti menggunakan pendekatan kualitatif sebab dengan menggunakan pendekatan kualitatif, peneliti dapat memperoleh informasi secara detail dan memungkinkan peneliti untuk memperoleh data-data yang bersumber dari informan langsung baik tertulis maupun lisan sehingga peneliti bisa menghasilkan data deskriptif sebagai salah satu sumber acuan dalam penelitian ini.

Menurut Poerwandari (1998:116) kredibilitas menjadi istilah yang paling banyak dipilih untuk mengganti konsep validitas, dimaksudkan untuk merangkum bahasan menyangkut kualitas penelitian kualitatif. Kredibilitas pendekatan kualitatif terletak pada keberhasilannya mencapai maksud mengeksplorasi masalah atau mendeskripsikan setting, proses, kelompok sosial atau pola interaksi yang kompleks

Penelitian ini akan menggunakan informasi yang bersifat deskriptif yaitu data yang dikumpulkan dalam peneltian ini berupa kata2 atau gambar bukan angka-angka, dengan demikian laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data-data untuk memberi gambaran penyajian yang berasal dari wawancara, catatan lapangan dan foto (Moleong, 2006:6)

3.2 Narasumber


Narasumber adalah orang yang menjadi sumber informasi (Hariwijaya & Djaelani 2004 : 40). Untuk mendapatkan inormasi yang dibutuhkan, peneliti akan mewawancarai nara sumber yaitu beberapa murid SMA Marsudirini dan beberapa orang yang telah mengikuti Reality Show tersebut :
1. Laras, alumni SMA Marsudirini, yang mana pernah mengikuti Reality Show Lemon Tea Cinta Lokasi
2. Reynida, murid kelas 2 , yang mana untuk mendapatkan pandapat – pendapat tentang informasi yang dicari si peneliti
3. Keke, murid kelas 2, yang mana untuk mendapatkan pandapat – pendapat tentang informasi yang dicari si peneliti
4. Adrian, peserta Lemon Tea Cinta Lama Bersemi Kembali
5. Ryan, murid kelas 1 , yang mana untuk mendapatkan pandapat – pendapat tentang informasi yang dicari si peneliti.
6. Merry, murid kelas 3, yang mana untuk mendapatkan pandapat – pendapat tentang informasi yang dicari si peneliti.

3.3 Metode Pengumpulan Data

Untuk mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian maka dibutuhkan metode pengumpulan data yang sesuai. Poerwandari (1998:61) menjabarkan berbagai metode pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dokumen, foto, rekaman video dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan data yang lebih pasti, si peneliti menggunakan metode wawancara kepada pihak – pihak yang berhubungan dan bersangkutan dalam mengetahui kebenaran fakta dari acara reality show tersebut. Wawancara merupakan bentuk komunikasi antara dua orang, melibatkan seseorang yang ingin memperoleh informasi dari seseorang lainnya dengan mengajukan pertanyaan – pertanyaan berdasarkan tujuan tertentu (Mulyana, 2004:180).

Dalam penelitian kualitatif dikenal tiga jenis wawancara:

a. Wawancara percakapan informal
Wawancara cenderung bersifat terbuka dan tidak berstruktur sehingga wawancara mirip dengan percakapan.

b. Wawancara dengan menggunakan pedoman wawancara
Wawancara dengan pedoman wawancara pada umumnya dimaksudkan untuk kepentingan wawancara yang lebih mendalam dengan lebih memfokuskan pada persoalan – persoalan yang menjadi pokok dan minat penelitian.

c. Wawancara dengan menggunakan open-ended standard
Wawancara jenis ini bersiat mendetail. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan lebih berstruktur dibandungkan keduan jenis wawancara yang lain. (Pawito, 2007:132)



3.4 Jenis Data

Data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder
a. Data Primer
Menurut Umar (2004:56), data primer merupakan data yang diperoleh langsung di lapangan oleh si peneliti sebagai obyek penulisan. Metode wawancara yang mendalam atau in-depth interview dipergunakan untuk memperoleh data dengan metode wawancar dengan narasumber. Pelaksanaannya dilakukan secara langsung berhadapan dengan narasumber yang akan diwawancarai.

b. Data Sekunder
Menurut Sugiyono (2005:62), data sekunder adalah data yang tidak langsung memberikan data kepada peneliti, misalnya peneliti harus melalui orang lain atau mencari melalui dokumen. Data ini diperoleh dengan menggunakan studi literatur yang dilakukan terhadap banyak buku dan diperoleh berdasarkan catatan-catatan yang berhubungan dengan penelitian, selain itu peneliti mempergunakan data yang diperoleh melalui internet.



3.5 Metode Analisis Data



Analisis data merupakan proses dimana data yang talah ada disederhanakan ke dalam bentuk yang lebih mudah lagi untuk dibaca dan diinterpretasikan. Analisis data dengan interprtasi data merupakan upaya untuk memperoleh arti dan makna yang lebih mendalam dan luas terhadap hasil penelitian yang akan dilakukan. Pembahasan hasil penelitian yang dilakukan dengan cara meninjau hasil penelitian secara kritis dengan teori yang relevan dan informasi akurat yang diperoleh dari lapangan (Moleong, 2004:151)

Setelah memperoleh data melalui metode wawancara, penulis mulai mengorganisasikan data-data tersebut dengan mendengarkan hasil rekam wawancara secara berulang-ulang. Dengan demikian data-data yang diperoleh dapat disesuaikan dengan teori dan dapat permasalahan penelitian yang dikemukakan sebelumnya.


3.6 Waktu dan Lokasi Penelitian


Lokasi untuk melakukan penelitian ini adalah di SMA Marsudirini Kemang Pratama, Bekasi. Alasan memilih lokasi penelitian tersebut adalah karena lokasi tersebut dekat dengan tempat tinggal si peneliti dan merupakan lokasi si peneliti pernah bersekolah.lokasi sehingga memudahkan peneliti untuk melakukan penelitian dan menghemat biaya dalam melakukan. Waktu untuk mengerjakan penelitian di lokasi tersebut pada pertengahan bulan Januari 2009. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara terhadap beberapa murid-murid SMA Marsudirini dan wawancara terhadap beberapa orang yang pernah mengikuti acara Reality Show Lemon Tea.

2 comments:

  1. "Narasumber adalah orang yang menjadi sumber informasi (Hariwijaya & Djaelani 2004 : 40)."

    hemm.. hi..sorrry.. klo boleh,, gw boleh minta daftar pustaka kutipan lo ini ga? ( maaf sebelumnya ngerepotin.. n SKSD..)

    ReplyDelete
  2. isinya sudah bagus tetapi cantumkan daftar pustakanya ya biar ga dicap plagiator

    ReplyDelete